Pintu Masjid – Pintu Masjid “King Fahd bin Abd. Aziz Gate”

Sejarah Pintu Masjid Nabawi saat Rasulullah Shollallahu ‘Alaihi wa Sallam mulai membangun Masjid Nabawi, sholat pertama dilakukan mengarah ke arah Masjid al-Aqsa. Hanya tiga pintu saja dibuka ketika itu, yaitu dibagian timur, barat dan selatan. Ketika kiblat berubah menghadap Ka’bah di Makkah, pintu baru dibuka di bagian utara dan pintu dibagian selatan ditutup.

pintu masjidd
PINTU MASJID

1). PINTU MASJID TIMUR
Ia diberi berbagai macam nama dari Bab Usman dan Bab Rasulullah SAW. (kerana Rasulullah selalu menggunakannya), ia masih ada hingga sekarang dan dikenali sebagai Bab Jibril.
2). PINTU MASJID BARAT
Pada zaman dahulu ia dikenali sebagai pintu Bab Atikah tetapi sekarang dikenali sebagai pintu Bab Rahmah.
3). PINTU MASJID SELATAN
Pintu ini dikenali sebagai Bab Al-Umar terletak dibagian timur dinding selatan diantara Mihrab Rasulullah dan Makam. Pintu ini ditutup setelah perubahan arah kiblat.
4). PINTU UTARA
Pintu ini dibuka oleh Rasulullah di dinding utara sebagai ganti pintu selatan yang ditutup akibat perubahan kiblat.
CATATAN:
Babussalam yang selalu dicari oleh jemaah nama asalnya ialah ‘Bab Marwan’, kerana ia berdekatan dengan rumah Marwan bin Hakam. Pintu ini tidak termasuk dalam masjid yang dibangun oleh Rasulullah sebaliknya ia termasuk dalam bangunan tambahan yang dibuat oleh Saidina Umar Al-Khatab dan seterusnya tambahan Saidina Utsman Dan Al-Walid hingga tetap sampai saat ini.

Melihat Proses pembuatan Replika pintu masjid…….