Keberadaan Lokasi Sentra Kerajinan kaca patri tepat berada di Kaliurang (Pakem) ke Timur Dusun Jetis Desa Argomulyo Cangkringan hingga saat ini pengrajin kaca patri tetap aktif dan ramai melayani order pesanan di berbagai kota di Indonesia walaupun sempat vakum 2 bulan karena dampak letusan gunung merapi 2010.

Sebagai desa wisata pasca erupsi merapi tahun 2010 anda bisa melihat betapa dahyatnya dampak letusan gunung merapi meskipun ancaman banjir lahar dingin masih ada, tapi lokasi bekas serbuan awan panas merapi (alias wedus gembel dengan kecepatan ratusan km/jam) berubah menjadi lokasi wisata. Wisata Pasca Erupsi Merapi. Antara lain di dusun kaliadem (kediaman alm. Mbah Maridjan) dan dusun jambu Kelurahan/ desa Kepuharjo, serta dusun bronggang  (aliran kali gendol)  kecamatan cangkringan Sleman Jogja.

Para pengunjung bisa melihat betapa dahsyatnya erupsi waktu itu. Bangunan hancur hampir rata dengan tanah, dan hingga saat ini bau belerang dan gas masih nampak aktivitas para penambang pasir hingga saat ini masih tetap berlangsung selama 24 jam Non stop.

Sumber : www.kacapatri.co.id