Dalam membeli rumah agar bisa nyaman dan menjanjikan keuntungan, sebaiknya perhatikan beberapa tips di bawah ini :

  • Pastikan legalitas tanahnya yaitu pemilik memiliki bukti kepemilikan yang sah atau bersertifikat, dan nama penjual sesuai dengan nama yang tertera pada sertifikat.
  • Periksa kondisi fisik bangunan secara cermat, apakah struktur bangunan sudah rusak dan sulit diperbaiki, apakah sejumlah bagian bangunan harus diganti? Lalu, hitunglah biaya perbaikan dan penggantian yang diperlukan.
  • Periksa tata ruang yang ada, dan cocokkan dengan kebutuhan Anda, baik dari jumlahnya maupun sisi estetikanya. Selain itu, apakah rumah tersebut sudah selaras dengan lingkungan di sekitarnya dan sudah dilengkapi izin mendirikan bangunan.
  • Amati fasilitas lingkungan yang ada, mulai dari jaringan listrik, air bersih, telepon, penerangan jalan, saluran air, taman bermain, sarana kesehatan, olah raga, dan sarana ibadah.
  • Pastikan bahwa di kawasan tersebut tingkat huniannya sudah tinggi dan terus berkembang. Ingat, bahwa kawasan dengan tingkat hunian tinggi dan terus berkembang akan menjamin pertumbuhan investasi rumah tersebut.
  • Pastikan pula apa saja fasilitas eksternal di sekitar rumah itu untuk menunjang kebutuhan hidup, seperti sekolah, pasar, rumah sakit atau klinik dokter. Berapa pula jaraknya dari rumah. Jangan lupa juga untuk melihat ketersediaan transportasi umum yang terjangkau dari rumah, kalau bisa 24 jam.
  • Periksa nilai pasar rumah yang akan dibeli. Untuk mengetahui nilai pasar sebuah rumah, Anda bisa meminta konsultan penilai menaksir harga rumah tersebut. Atau, lakukan perbandingan dengan harga tiga rumah yang dijual disekitar lokasi tersebut kepada penduduk atau agen properti di wilayah itu. Bisa juga Anda tanyakan ke pengembang perumahan tersebut tentang penyesuaian harga rumah tersebut. Biasanya, penyesuaian tersebut mengacu pada lokasi, lingkungan, bentuk fisik, arsitektur, ukuran, serta tren arsitektur, Belilah pada harga nilai 70-80% dari nilai pasar. Demikian beberapa tips dalam membeli rumah agar di kemudian hari anda tidak kecewa. Semoga Informasi ini bermanfaat…!!