Di saat anggaran terbatas, mengembangkan rumah secara bertahap merupakan solusi tepat untuk mendapatkan rumah idaman yang luas, lapang dan nyaman.
Rumah merupakan kebutuhan pokok setiap manusia dan memiliki rumah idaman adalah impian semua orang, Persepsi setiap sebuah rumah idaman bagi tiap-tiap orang berbeda, tergantung pada tingkat kemampuan, minat dan budget. Umumnya faktor perhitungan budget atau anggaran inilah yang paling banyak mempengaruhi dalam membangun rumah.
Selain anggaran faktor terbatasnya lahan juga turut menentukan dalam pembangunan sebuah rumah, kendala ini umumnya terjadi pada hunian lahan yang sempit, Jika lahan menjadi hambatan dalam mewadahi tuntutan kebutuhan ruang sekaligus menciptakan hunian idaman yang nyaman dan asri maka pengembangan rumah tumbuh adalah solusinya.
Pengembangan rumah tumbuh secara bertahap sangat tepat bagi yang memiliki keterbatasan dana atau anggaran  langkah ini bisa di terapkan bagi yang memiliki tanah kemudian membangunnya maupun yang membeli rumah pada lingkungan perumahan.
Rumah tumbuh adalah sebuah konsep dimana pembangunan rumah di lakukan secara bertahap, Konsep ini sangat tepat di terapkan untuk keluarga muda yang mendiami rumah sederhana yang nantinya dapat di rencanakan untuk perluasan bangunan atau penambahan lantai.
Pada intinya rumah tumbuh bertolak pada denah keseluruhan artinya untuk tahap awal hanya di perlukan sebagian luas rumah yang akan di bangun, Untuk tahap selanjutnya bisa di kembangkan untuk penambahan ruang-ruang lain, Perluasan bangunan bisa di lakukan secara horisontal maupun vertikal, Oleh karena itu pertimbangan struktur dan kekuatan bangunan layak untuk di perhitungkan pada saat pengembangan rumah tumbuh berlangsung nantinya.