Ada beberapa bentuk gaya atau tema sebuah rumah yang bisa menjadi inspirasi anda dalam merencanakan sebuah hunian rumah idaman bagi keluarga. Untuk itu kita terlebih dahulu harus tahu persis bentuk karakteristik rumah yang akan kita bangun.

  • Nuansa Klasik Elegan, Fasad bergaya klasik memiliki kelebihan tersendiri yaitu bersifat abadi tidak termakan zaman. Gaya klasik terlihat pada jendela serta kepala dan kaki kolom balkon. Detail tersebut hadir dalam garis-garis yang lebih sederhana sehingga fasad yang di hasilkan terasa lebih ringan, Kesan ini diperkuat dengan unsur pewarnaan yang berkesan modern yaitu Putih dan Abu-abu.
  • Nuansa Putih Minimalis, Fasad sebuah bangunan minimalis biasanya berbentuk box, Desain rumah box inilah yang menghadirkan kesan “Adem” dan steril pada konsep hunian minimalis. Untuk mencipkan kesan hangat dan nyaman dapat di buat atap miring pada rumah box.
  • Nuasan Tropis Modern, Fasad yang bergaya tropis modern memiliki elemen bangunan beratap perisai, ukuran bukaan yang semuanya di buat tinggi hingga mencapai plafon dan ukuran tritisan atap yang lebar untuk menahan teriknya sinar matahari. Material kayu menjadi unsur dominan atau di tonjolkan demikian pula batu alam yang menghias sebagian dinding semakin memperjelas kesan tropisnya.
  • Nuansa Tropis Mediterania Jawa, Ciri khas mediterania adalah bentuk bangunan beratap limas dengan kemiringan rendah (flat roof) dan hampir seluruh dindingnya di finishing alami dengan batu alam.
  • Nuansa Etnik Jawa, Gaya etnik memiliki tampilan yang sangat khas,  misalnya bentuk, bahan, warna, corak dan ornamen ukiran kayunya.
  • Nuansa Modern Kontemporer, Gaya modern kontemporer memiliki langit-langit tinggi, dua kali ketinggian plafon biasa dan menggunakan sistem plafon tempel yang mengikuti kemiringan atap. Sehingga memberikan ruang dalam terkesan luas dan lega.
  • Nuansa Retro Art Deco, Gaya Art Deco muncul sekitar tahun 1925 an. Bentuknya tidak memiliki detail khusus. bentuk geometris, seperti kubus, lingkaran, segitiga, garis tegas dan simple. Paduan bahan kaca dan metal krom serat permainan warna krem, lime green dan emas.
  • Nuansa American Country, Gaya yang diambil dari tema pedesaan di Amerika menjadi suatu pilihan utama. Ciri khasnya terlihat dari bentuk-bentuk yang dinamis dan natural sehingga jauh dari kesan kaku.

Artikel Bangun Rumah