Sebelum memutuskan akan membeli Franchise atau BO sebaiknya anda mengetahui dulu tentang perbedaan kedua Bisnis tersebut serupa tapi tak sama, tak jarang membuat orang sulit dan bingung membedakan Franchice atau BO kriteria umum yang di miliki kedua bisnis tersebut adalah :

  1. Bisnis tersebut telah memiliki standardisasi.
  2. Mudah di Ajarkan secara sederhana dalam waktu 1 – 30 hari atau memiliki panduan manual dan pelatihan.
  3. Profitable/menguntungkan
  4. Memiliki Customer base yang luas
  5. Bisnis masih sedang dalam fase pertumbuhan sehingga masih berprospek untuk di garap.

Sekilas Franchise dan BO memiliki kesamaan namun umumnya modal awal Franchise diatas Rp. 250 Juta. Sedangkan Jika modal kurang dari itu berarti Bisnis Opportunity (BO). Adapun hal lain yang membuat BO semakin marak dan di pilih adalah tidak adanya royalty fee yang selama ini cukup lekat dengan IMAGE FRANCHISE, namun BO biasanya mudah di tiru oleh pelaku usaha lain seperti halnya Burger, Kripik Singkong, Baba Rafi atau Stik Kentang yang semakin marak sehingga persaingannya cukup ketat. Sekarang pilihan ada di tangan anda mau Franchise atau BO..?
Apapun pilihan anda beriku beberapa tahapan agar lebih memantapkan anda dalam menentukan pilihan.

  1. Tanyakan besar keuntungan yang dapat di peroleh dari bisnis tersebut, minta laporan keungan, Neraca rugi-laba serta laporan penjualan triwulan dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. Jika grafik penjualan tersebut menunjukan peningkatan maka bisnis tersebut masih layak untuk di garap dan Jika grafiknya menurun berarti bisnis tersebut belum stabil. 
  2. Lakukan survei mengenai bisnis tersebut.
  3. Buat Proyeksi keuangan hingga di ketahui berapa lama bisa balik modal (BEP) berikut biaya operasional dan besar keuntungannya. Jika untungnya terlalu besar tidak masuk akal dan terlalu kecil berarti usaha tersebut tidak menjanjikan. Untuk ideal BEP dapat di capai dalam waktu 6 bulan hingga 2,5 tahun tergantung investasi dan jenis bisnis yang di jalankan.

Tips : 
Untuk mendapat Franchise atau BO yang ideal tidak mudah, setidaknya di perlukan 3 bulan untuk menelusuri dan mendapatkan data yang cukup untuk menguatkan pilihan anda tersebut. Hal ini merupakan langkah antisipasi bagi pemain baru dalam bisnis Franchise atau BO agar jauh dari rasa was-was akan terjadi pailit atau gulung tikar. Semoga Informasi bermanfaat.

Gudang Art Design