Lampu gantung antik bahan dasarnya ada yang terbuat dari Kuningan, Tembaga dan Aluminium sangat cocok diterapkan pada design rumah Etnik/Classic pada jaman dulu lampu gantung antik ini menggunakan bahan bakar minyak, seiring perkembangan jaman Lampu ini sekarang tampil lebih menawan dengan bolam lampu listrik tanpa mengurangi nilai estetika, lampu gantung ini dapat di aplikasikan pada ruang tamu atau ruang keluarga. Lampu gantung antik sangat beragam baik ukuran dan designnya  tentu harganya pun ikut mempengaruhi. Ada tips sederhana dalam memilih Lampu gantung antik yang berkualitas…antara lain : 
  1. Pilihlah lampu gantung antik yang struktur rangkanya padat,berisi dan agak berat karena lampu gantung antik yang baik proses pembuatannya dengan cara di ukir dan selanjutnya dengan proses pengecoran logam /cetak.
  2. Jangan terkecoh dengan warna/Finishing lampu gantung antik karena banyak hanya polesan semata, Jeli melihat apakah lampu ini asli dari bahan kuningan, tembaga atau aluminium jangan salah dalam bertransaksi keinginan membeli Lampu gantung antik Kuningan/Tembaga malah yang di bawa Lampu gantung antik yang berbahan dasar aluminium, Karena lampu gantung yang berbahan dasar aluminium finishingnya bebas dan bisa menyerupai warna kuningan atau tembaga.

Sumber : http://www.gudanglampu.blogspot.com